Spiga

BERUBAH BUKAN SESUATU YANG MUDAH


Berubah bukan sesuatu yang mudah.
Untuk bergerak manusia harus diajak untuk melihat dan memercayai bahwa sesuatu telah berubah.
Untuk menikmati perubahan manusia harus melompat dari suatu kurva ke kurva baru dan pada saat itulah kita akan berpindah dari zona kenyamanan ke zona ketidaknyamanan. ini berarti kita harus berperang melawan naluri kita,kebiasaan kita bahkan terkadang sejarah hidup kita. yang, kalau tak kuasa, seperti kata pepatah, benda yang tak lentur mudah patah.

Sebagian dari kita lebih memilih membiarkan diri bahkan organisasinya menjadi tua dan mati daripada berpindah ke kurva kedua.

Berpindah dan mengajak orang lain melompat ke kurva kedua, diperlukan sebuah teknik dan seni yang tinggi. Belajarlah dari nabi-nabi besar yang menciptakan perubahan dengan menghadapi cobaan-cobaan, Mereka bekerja dengan Hati,mengajak orang lain melihat,memercayainya, bahkan menyelesaikan perubahan itu.

Belajarlah juga dari sejarah bangsa - bangsa besar bagaimana mereka survive dan bagaimana kerajaan - kerajaan besar Nusantara digantikan oleh kerajan-kerajaan lainnya.

Belajarlah dari orang-orang yang diberikan kesempatan lebih dulu sukses bagaimana mereka juga bisa survive dengan organisasi yang semangkin tua semangkin maju.

0 comments: